Senin, 18 Mei 2015

Lapak Sampah Berserakan

Wenyurimed,- Pembuangan sampah yang tidak  diurus dengan baik akan mengakibatkan masalah besar. Sering kali kita lihat lingkungan yang tidak bersih ataupun sampah yang berserakan. Hal itu tentu sangat memprihatinkan dan berdampak untuk kesehatan masyrakat sekitar. Sampah yang berserakan ini terutama terdapat di daerah Blok A Pasar Raya Padang.
            Tampak sampah berserakan di sekitar jalan pada titik lokasi pejalan kaki maupun di sudut setiap persimpangan jalan. Sampah-sampah yang berserakan di sekitar tempat para pedagang, yakni pedagang buah-buahan, sembako hingga pedagang kaki lima tidak bisa dikondisikan lagi. Hal tersebut tentu merusak pencemaran udara dan mengotori pandangan para pengunjung pasar.
            Yandi (23) seorang pedagang mengaku bahwa ia sudah mengusahakan membuang sampah pada tempatnya, namun banyak sekali pedagang lain yang tidak menghiraukan imbauan untuk menjaga kebersihan tersebut. Jika demikian tentu tidak akan terjaga lingkungan yang bersih dan sehat karena dari diri sendiri para pedagang itu saja tidak ada keinginan untuk hidup bersih. Selain itu, ia mengaku bahwa faktor demikian di dorong oleh kesibukan yang mendesak sehingga spontan untuk membuangnya disembarang tempat.
            Oleh sebab itu, perlu penanaman pentingnya kebersihan lingkungan bagi para pedagang, pembeli, pengunjung maupun masyarakat sekitarnya. Seharusnya diupayakan kebijakan dari pemerintah dengan mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan. Jika perlu diadakan sanksi atau pajak kepada masyarakat yang ketahuan membuang sampah sembarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar